Pemanfaatan Tumbuhan untuk Peralatan Sehari-hari

By Celebica - Januari 14, 2020

Bubu: Alat tangkap ikan dari Sulawesi Tengah
   Saat ini telah banyak dikembangkan alat tangkap ikan modern yang digadang-gadang dapat memperudah serta menghasilkan/menangkap banyak ikan buruan. Namun dibeberapa wilayah, masyarakat lebih memilih memanfaatkan sumberdaya alam disekitarnya untuk membuat alat tangkap ikan secara tradisional, selain tidak memerlukan biaya yang mahal, tentunya dapat menangkap buruan yang tidak kalah dengan alat modern. “Bubu” merupakan salah satu alat tangkap ikan tradisional terbuat dari ayaman bambu (Bambusa sp.), maupun rotan (Calamus sp.). Bubu memiliki bentuk dan ukuran yang beragam. Gambar diatas merupakan salah satu bubu yang berasal dari Sulawesi Tengah dengan yang terlintas menyerupai bunga Clitoria ternatea dengan  dibagian tengah dibentuk corong sebagai jalur masuk ikan.
     
Kajian tersebut merupakan salah satu kegiatan penelitian etnobotani. Penelitian Etnobotani diawali oleh para ahli botani yang memfokuskan tentang persepsi ekonomi dari suatu tumbuhan yang digunakan oleh masyarakat lokal. Ahli Etnobotani bertugas mendokumentasikan dan menjelaskan hubungan kompleks antara budaya dan penggunaan tumbuhan dengan fokus utama pada bagaimana tumbuhan digunakan, dan di persepsikan pada berbagai lingkungan masyarakat, misalnya sebagai makanan, obat, praktik keagamaan, kosmetik, pewarna, tekstil, pakaian, konstruksi, alat, mata uang, sastra, ritual, serta kehidupan sosial.

Etnobotani merupakan suatu ilmu yang kompleks dan dalam pelaksanaannya memerlukan pendekatan yang terpadu dari banyak disiplin ilmu antara lain taksonomi, ekologi, dan geografi tumbuhan, pertanian, kehutanan, sejarah, antropologi dan ilmu yang lainnya (Walujo 2011).

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar