Cagar Alam Pangi Binangga

By Celebica - Maret 10, 2020

Kawasan Cagar Alam Pani Binangga

Cagar alam (CA) Pangi Binangga merupakan salah satu jantung perlindungan keragaman hayati sulawesi. Kawasan  konservasi ini  memiliki memiliki luas ± 6100 Ha dengan  variasi vegetasi, terdiri atas hutan dataran rendah dan padang rumput.


Lokasi Cagar Alam Pani Binangga

Penetapan kawasan hutan ini sebagai kawasan konservasi bertujuan untuk melindungi salah satu jenis tumbuhan endemik Sulawesi yaitu eboni/kayu  hitam (Diospyros celebica Bakh.), selama eksplorasi dijumpai  sekitar ± 112 individu.


Salah satu spesies di Cagar Alam Pani Binangga

Penelitian mengenai tumbuhan dari kawasan  ini telah banyak mengungkap keunikan  tumbuhan CA Pangi Binangga. Monophyllae sp. (Gesneriacea) yang banyak tumbuh di bebatuan dengan ciri berdaun satu dan perbunggannya muncul di pangkal daun. Hamparan guguran bunga Saurauia nudiflora (Actinidiaceae) menghiasi lantai hutan terutama di pinggiran aliran sungai besar di kawasan ini.

Selain tumbuhan terrestrial, kawasan CA Pangi Binangga banyak ditumbuhi jenis epifit, seperti Asplenium nidus merupakan  kelompok pteridophyta, beberapa jenis dari kelompok cucurbitaceae dan Araceae

Pengembangan wilayah, illegal logging, hingga perubahan fungsi lahan hutan menjadi lahan perkebunan menjadi faktor utama atas kehilangan keragaman jenis organisme di kawasan ini. Oleh karena, kegiatan ekplorasi flora di kawasan CA Pangi Binangga dianggap penting dilakukan bertujuan untuk mengungkap, mendata jenis-jenis flora sebelum punah tanpa informasi.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar