Mengenal Jamur Rayap (Jamur Barat), Jamur Liar Edible

By Celebica - Mei 21, 2020

Jamur Barat (Termitomyces eurrhizus) Foto: Khoirul Anwar

Jamur Barat. Ya sebagian banyak orang mengenalnya sebagai jamur liar yang biasa ditemukan tumbuh di kebun, di tegalan, di sawah bahkan dipekarangan rumah. Jamur tersebut biasa muncul ketika musim hujan tiba. Jamur ini sebenarnya memiliki nama ilmiah yang termasuk dalam genus Termitomyces. Termitomyces berasal dari kata termite dan myces. Termite berarti rayap dan myces berarti jamur. jadi Termitomyces adalah jamur yang ditumbuhkan oleh rayap. Termitomyces hidup bersimbiosis dengan rayap tanah Macrotermitinae. Rayap sengaja menumbuhkan jamur tersebut di dalam sarangnya sebagai makanan mereka. Tempat rayap menumbuhkan jamur tersebut disebut dengan fungal comb atau disebut dengan kebun jamur. Rayap dengan sengaja menanam jamur tersebut untuk dimakan sehingga disebut dengan istilah kebun.
Jamur Termitomyces bersifat edible atau dapat dimakan serta mengandung nilai gizi yang tinggi. Kandungan protein jamur Termitomyces bisa mencapai 30% dari berat kering. Masyarakat sangat gemar memburu jamur tersebut pada saat musim hujan untuk dijadikan sebagai lauk pauk. Tahukah anda bahwa jamur tersebut selain ditemukan di Indonesia juga banyak sekali ditemukan di Afrika, terutama di padang rumput savanna dimana banyak sekali terdapat gudukan sarang rayap. Oleh masyarakat suku afrika Termitomyces dimanfaatkan sebagai obat seperti penyakit kuning, darah tinggi, demam, dan gizi buruk.
Di Afrika terdapat jamur Termitomyces dengan ukuran yang sangat besar, yaitu T. titanicus. T. titanicus adalah jamur edible terbesar di dunia dengan diameter tudung jamur hingga mencapai 1 meter (Gambar 2). Selain itu di Indonesia juga ditemukan beberapa spesies lain dari Jamur Termitomyces, seperti T. eurhizus, T. clypeatus, T. microcarpus, dan lain lain. T. microcarpus adalah jamur Termitomyces dengan ukuran terkecil didunia dalam genusnya.


Termitomyces titanicus

Semua jenis Termitomyces bersifat edible atau dapat dimakan. Karena rasanya yang sangat lezat dan teksturnya yang lebih enak dibanding jamur lainnya, banyak orang ingin sekali bisa membudidayakannya. Namun sayangnya hingga saat ini belum ada yang berhasil membudidayakannya kecuali si rayap tanah itu sendiri. Beberapa penelitian telah dilakukan untuk mencoba membudidayakan jamur tersebut, tetapi belum ada yang berhasil hingga membentuk tubuh buah. upaya budidaya dengan cara membudidayakan rayap penumbuh jamurnya dan berhasil membentuk kebun jamur dengan cara memberikan suspensi basidiospora jamur T. cylindricus kepada koloni rayap Macrotermitinae. Jika anda ingin mempelajari bagaimana rayap membudidayakan jamur Termitomyces, maka anda bisa coba membaca artikel pada link berikut ini.


Penulis: Khoirul Anwar, Ketua Divisi Jamur dan Mikroba Celebica

  • Share:

You Might Also Like

1 komentar

  1. Wynn Las Vegas - Jeopardy with Aaron Paul - JTM Hub
    JT's "Wynn Vegas" is a fun-filled show 포천 출장안마 that runs every Monday through Thursday. The Wynn Rewards program 아산 출장안마 is meant to 상주 출장마사지 earn 오산 출장안마 points for your stay in the  대전광역 출장마사지 Rating: 4.5 · ‎2,393 votes

    BalasHapus